Kick Andy Show, Mata Air Kehidupan, Jumat 11 Nov 2016, 20.05 @MetroTV

Posted on 04 Desember 2016 by Operator    |   Filed under Berita

MATA AIR KEHIDUPAN

KickAndyShow

Air adalah kebutuhan pokok manusia. Setiap orang membutuhkan air untuk keberlangsungan hidup mereka. Bagi sebagian orang dengan mudah mendapatkan air, namun di sisi lain banyak orang yang kesulitan memperoleh air untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Kabar baiknya, masih banyak orang tergerak untuk membantu mereka yang kesulitan air diantaranya Rus Alit. Bersama istrinya, Rus Alit mendirikan Bali Appropriate Technology Institute (BATI) yang membuat teknologi tepat guna untuk mendapatkan air bersih dengan menggunakan pompa hasil karya Rus Alit. Teknologi tepat guna buatan Rus Alit sudah digunakan di 54 negara. Rus Alit berharap dapat membantu lebih banyak orang untuk memperoleh air bersih.

Di Desa Kembang Kerang Daya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ada Mashum yang berinisiatif membuat kincir air. Inisiatif pembangunan kincir air itu muncul dari pengalamannya yang sulit mendapatkan air. Ia juga prihatin melihat masyarakat di desanya yang setiap hari harus berjalan jauh untuk memenuhi kebutuhan air bersih, karena sumber air letaknya jauh di bawah permukiman warga. Tahun 1998, Mashum membuat kincir air bersama warga. Kini ada tujuh kincir air dan sudah enam dusun yang telah merasakan manfaat kincir air yang dibuat Mashum dan warga.

KoesnantoSementara di Grobogan, Jawa Tengah terdapat lembaga keuangan mikro yang menyalurkan kredit bagi warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan (BPR BKK) Purwodadi, Koesnanto melihat manfaat yang besar dari kredit yang disalurkan lembaga yang dipimpinnya. Bukan hanya menyalurkan kredit, BPR BKK Purwodadi juga memberi edukasi pada warga yang berhubungan dengan sanitasi.

 

Sumber : www.kickandy.com/theshow/1/1/2952/read/mata-air-kehidupan